Kamis, 09 Februari 2017

5 Buah dengan Warna Merah Menyegarkan, Kamu Pilih Mana?

Guys kalau disuruh menyebutkan buah-buah dengan warna merah pasti tahu kan? Baiklah sebutkan 5 saja. Nak kecil pasti tahulah. Kali ini Halo Dapur akan mengupas 5 buah yang menyegarkan dan tentunya menyehatkan. Apa buah favorit kamu? 

1. Stroberi 
Yeahhhhhh. Stroberi. Yummmy. Wah buah satu ini sering digunakan untuk hiasan cake. Untuk puding juga asyik. Rasanya manis-manis kecut gimana gitu. Baunya khas banget. Coba deh sesekali kamu mampir ke kebun stroberi, kamu bisa metik dan beli sepuasnya. Bisa icip-icip pula. Perhatikan ilustrasi di atas. Warnanya yang merah ranum sangat menggoda bukan? 
Nah kandungan gizi stroberi bagus buat kesehatan tubuh, sebab stroberi memiliki kadar vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, antiradikal bebas, menjaga kesehatan kulit, serta memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain vitamin C, stroberi juga mengandung asam folat yang bagus buat pertumbuhan janin dan ibu menyusui.
 2. Delima
Delima itu daging buah ya dikit karena menempel pada biji-bijinya yang banyak. Kalau dimakan mentah kayaknya kurang ajib. mendingan dibikin sirup buah delima. Dibikin jus juga oke, tinggal ditambah gula atau madu yes! Selain itu buah delima bisa digunakan sebagai bahan campuran rujak atau salad. Sudah pernah mencoba?
Berdasarkan penelitian ilmiah oleh American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi jus delima terbukti mampu mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat berkat kandungan anti-oksidan yang berlimpah di dalamnya. Kandungan apa saja yang ada dalam buah ini? Buah delima mengandung Vitamin A, C dan E, fosfor, asam folat, serta kalsium. 
3. Buah Naga 
Pas awal-awal muncul, buah satu ini dibanderol dengan harga yang lumayan fantastis. Sekilo bisa di atas lima puluh ribu, bahkan ada yang lebih dari seratus ribu. Sekarang seiring banyaknya pembudidaya buah naga, buah tersebut harganya jauh lebih terjangkau. Satu kilo bisa lima belas ribu saja. Tergantung kamu beli di mana ya guys, kalau saya beli di pasar lokal. 
Buah naga ada yang dagingnya berwarna putih, ada yang berwarna merah. Kalau saya lebih suka buah ini dimakan mentah-mentah. Dijadikan jus dan dicampur dengan madu juga oke. Buah naga pun bisa diolah menjadi bahan campuran kue, puding, dan aneka resep masakan lainnya. Pengen tahu lebih banyak? Search aja di google. 
Dalam 100 g buah naga, mengandung kalori 60 kkal, protein 0, 53 g, karbohidrat 11, 5 g, serat 0,71 g, kalsium 134,5 mg, fosfor 87 mg, zat besi 0,65 mg, vitamin C 9,4 mg, serta kandungan airnya sebanyak 90%. Manfaat buah naga di antaranya untuk menjaga kesehatan mata dan metabolisme tubuh, cocok buat diet, menjaga dari penyakit diabetes melitus, menghambat penuaan dini, serta baik untuk ibu hamil dan menyusui. 
 4. Anggur Merah
Anggur merah, yang selalu memabukkan diriku anggap...belum seberapa...dahsyatnya! Eh kok malah nyanyi lagu dangsut sih. Bukan...bukan. Ini bukan minuman fermentasi anggur. Ini anggur segar yang dipetik langsung dari kebunnya. Cantik dan segar bukan? 
Setiap satu porsi anggur merah, memberikan sekitar 16 mg vitamin C. Sejumlah vitamin lain juga ditemukan seperti :22 mcg vitamin K (sekitar 28% dari nilai diet harian), 0,4 mg thiamin (27 persen dari nilai harian), vitamin E, vitamin A, asam pantotenat, vitamin B-6, folat, beta karoten, alpha karoten, flavonoid, dan mineral. 
Manfaat buah anggur, Flavonoid yang ditemukan dalam anggur mampu meningkatkan kadar HDL ( kolesterol baik ). Hal ini untuk mencegah penyumbatan arteri koroner. Mengonsumsi anggur dalam bentuk jus mampu menurunkan tekanan darah. Anggur mengandung antiradikal bebas yang baik buat sel-sel kulit dan mencegah penuaan dini.
5. Apel 
Kalau ingat apel merah, saya jadi ingat Putri Salju yang mau diracuni si penyihir jahat. Nah guys, bicara apel merah emang enggak ada abisnya. Saya sendiri suka liat-liat hasil fotografi yang ada apel sebagai ornamen atau latar belakang. 
Banyak artikel yang membicarakan si apel merah ini guys. Dari sisi manfat, kandungan gizi, serta aneka produk olahan aple merah untuk usaha. Kalau di Kota Batu Malang nih, apel biasa dijadikan olahan kripik. Yang pasti crispi krenyes-krenyes ya guys. 
Sebenarnya kandungan nutrisi yang tingi ada pada kulitnya yang merah itu guys. Tapi kamu kudu ati-ati juga sebab sekarang ini banyak beredar apel merah yang dilapisi zat lilin. Hih ngeri.  
Apel merah sendiri bagus lho buat diet. Selain itu buah ini mampu mencegah sel-sel kanker, terutama kanker payudara dan kanker usus besar. Manfaat lainnya, mampu mencegah penyakit alzheimar dan menurunkan kadar kolesterol. 

1 komentar:

  1. Klo aku pilih apelnya rin..soalnya satu, bisa langsung kenyang☺ sama anggur, soalnya tinggal cuci..langsung lhepp!

    BalasHapus