Kamis, 12 November 2015

Dunia Tido & Friends (Kreativitas, Imajinasi, dan Mimpi-Mimpi)

____________________________________________________________________________
Sekilas Tentang Tido & Friends
____________________________________________________________________________

Dunia anak-anak lekat dengan imajinasi. Lewat imajinasi tersebut terciptalah kreativitas  yang menghantarkan mereka pada mimpi-mimpi. Itulah yang menjadi alasan tim Gobaksor Interactive yang digawangi oleh Iki Mazadi dalam menciptakan aplikasi atau media yang membantu mengasah imajinasi dan kreativitas anak-anak.

Tentunya yang saya maksud di sini adalah anak-anak berusia 3 hingga 6 tahun (anak usia dini). Sebab, anak-anak dalam rentang usia seperti itu sedang berada dalam periode emas masa pertumbuhan (Golden Age Era). Dari situlah sel-sel aktif otak terbentuk. Pertumbuhan sel-sel aktif ini dimulai di usia 3 tahun dan terbentuk secara sempurna di usia 5 hingga 6 tahun. Di sinilah pentingnya optimalisasi kecerdasan anak melalui serangkaian aktivitas yang menyenangkan yang tentunya akan berdampak pada tumbuhkembang termasuk kreativitas dan imajinasi mereka. 

Tido & Friends adalah salah satu hasil olah kreativitas tim Gobaksodor Interactive. Ada beberapa jenis produk yang telah dihasilkan Gobaksodor Interactive di antaranya game, e-book interactive, komik, animasi (2D maupun 3D), dan kini mulai merambah ke dunia Virtual Reality.

Seperti yang diutarakan oleh Iki Mazadi (founder Startup Gobaksodor Interactive), Tido & Friends diharapkan mampu menjadi sebuah media penyampai nilai-nilai kebaikan dan pengetahuan yang membentuk karakter serta kepribadian anak-anak calon pewaris masa depan Indonesia. 

Tido & Friends sendiri adalah karakter imajiner berbentuk binatang yang imut dan lucu. Di dalamnya terdapat 9 tokoh yang memiliki karakteristik berbeda. Mereka adalah Tido (komodo), Fogi (katak), Simoo (sapi), Pinky (naga), Bibu (buaya), Quin (penguin), Chipo (luwak), dan Phipo (naga). Saat ini, telah  ada 3 jenis produk kreatif Tido & Friend, di antaranya : edumini komik, animasi dalam bentuk lagu anak-anak (2D dan 3D), dan e-book interactive berbasis android.

Pantengin terus ya postingan ini sampai akhir karena ada Giveaway 5 DVD animasi (lagu anak Tido & Friends) buat kamu yang mau ikutan. Iya buat kamu.
Gambar GIF 1. Karakter-karakter Animasi Tido & Friends
 _______________________________________________________________________________
Lagu Anak Tido & Friends (Animasi) 
________________________________________________________________________________ 
Mobil Listrik
 
Mobil listrik itu mobil yang keren
Tidak menyebabkan asap polusi
Yang lebih hebat dan lebih keren lagi
Yang membuat adalah teman kita sendiri 
Di Indonesia mobil itu dibuat, negara kita tercinta

Ini adalah sebagian lirik yang saya cuplik dari lagu anak Mobil Listrik. Mobil listrik adalah mobil yang tidak membutuhkan bahan bakar fosil (misal bensin) sehingga tidak menimbulkan polusi udara. Mobil ini hanya perlu diisi ulang (charging) jika kehabisan energi listrik. Mobil listrik digadang-gadang menjadi salah satu kendaraan masa depan yang ramah lingkungan (green car). Di Indonesia ada beberapa teknokrat yang menggagas dan menciptakan mobil listrik, di antaranya Bung Ricky Elson. 

Dari situlah ide awal penciptaan lagu mobil listrik ini. Lagu ini diharapkan memberi insight dan nilai edukasi kepada anak-anak Indonesia agar menjadi generasi kreatif yang mampu menciptakan terobosan-terobosan di bidang teknologi, semisal penciptaan mobil ramah lingkungan (mobil listrik). Tentu saja dalam hal ini peranan orangtua menjadi kunci dalam menumbuhkembangkan proses kreatif anak dalam menciptakan ide-ide. 

Jaman sekarang sangat sulit mencari lagu anak-anak. Apalagi yang cocok untuk usia 3 hingga 6 tahun. Tidak seperti jaman saya ketika masih TK atau SD. Begitu banyak penyanyi cilik bersliweran. Hal-hal semacam ini menjadi tantangan tim Gobaksodor Interactive dalam menciptakan lagu anak. Lagu-lagu tersebut dibuat dalam format animasi agar anak-anak jatuh hati. Selain mobil listrik ada judul lain seperti cita-cita, layar ajaib, dan Indahnya pagi. 

Lagu cita-cita mengajarkan anak-anak akan keindahan mimpi-mimpi. Hey apa cita-citamu di masa depan? Begitulah kira-kira makna yang tersirat. Lagu layar ajaib mengajarkan anak berbuat kebaikan. Lagu Indahnya pagi mengajarkan anak akan pentingnya bangun di pagi hari. 

Berikut saya lampirkan tautan lagu-lagu anak Tido & Friends yang lain yang bisa kamu tonton via Youtube.
1. Layar Ajaib
2. Indahnya Pagi
3. Cita-Cita
________________________________________________________________________________
Edumini Komik Tido
________________________________________________________________________________
Rahasia Antara Pohon & Daun
Belajar Sambil Berlibur
Wortel
Edumini komik adalah komik singkat yang memberikan nilai-nilai kebaikan dan juga pengetahuan untuk anak usia dini. Menarik bukan? Kalau kamu punya ide kreatif untuk Tido & Friends silakan saja sampaikan ide tersebut ke  Fanspage Tido & Friends. Apapun itu. Mungkin ide tersebut berupa narasi dan sebagainya. Cerita berjudul WORTEL di atas adalah ide kreatif saya yang kemudian diolah kembali oleh tim kreatif Gobaksodor Interactive.
_______________________________________________________________________________
Colouring Sheet For Kids
_______________________________________________________________________________

Kalau lembar mewarnai ini anggap saja bonus untuk mengasah kreativitas anak-anak. Kamu bisa mengunduhnya di Album Colouring Sheet For Kids. Jangan lupa di-print dan siapkan alat mewarnai ya?
_______________________________________________________________________________
E-Book Interactive Berbasis Android (Free Download)
_______________________________________________________________________________ 
1. Cita-Cita
Cita-cita @Playstore
Gambar GIF 2. Cita-Cita
E-book interaktif berjudul cita-cita merupakan aplikasi edukasi dalam bentuk e-book yang bisa diunduh via playstore. Didalamnya dilengkapi fitur-fitur berupa game kecermatan, lagu anak cita-cita, narasi teks, serta beberapa benda atau objek dalam e-book tersebut bisa dimainkan. Ada pula jendela untuk memilih halaman yang diinginkan. Selengkapnya kamu bisa mengunduhnya sendiri di tautan berikut Cita-CitaUntuk mendapatkannya kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun sebab e-book ini free alias gratis diunduh siapa saja.

2. Indahnya Pagi
Indahnya Pagi @Playstore
E-book interaktif berikutnya berjudul Indahnya Pagi. Fitur yang disematkan hampir mirip dengan yang pertama (cita-cita). Ada games yang melatih kecermatan juga narasi teks. Juga lagu anak Indahnya Pagi. Jika berkenan silakan unduh di sini Indahnya Pagi
3. Tido di Negeri Huruf 
Tido di Negeri Huruf @Playstore
E-book interaktif Tido di Negeri Huruf membantu anak-anak usia dini mengenal huruf melalui aktivitas yang menyenangkan yakni games. E-book interaktif ini juga dilengkapi lagu anak 'Mengenal Huruf.' Nama-nama benda atau objek yang ada disesuaikan dengan awalan huruf, misal A untuk Ayam. Huruf-hurufnya lengkap dari A hingga Z. Selain itu, Tido di Negeri Huruf bisa dimainkan secara offline. Kalau penasaran silakan mampir ke Tido di Negeri Huruf

Selengkapnya boleh berkunjung ke Gobaksodor Interactive Via Google Play
_______________________________________________________________________________
Capaian Prestasi
_______________________________________________________________________________
Tido & Friends di ajang Baros International Animation Festival 2015
Gobaksodor Interactive sendiri merupakan sebuah digital startup yang berfokus pada digital kreatif yang dirintis oleh Iki Mazadi pada tahun 2012 di Yogyakarta. Saat ini pria yang pernah mengenyam pendidikan di jurusan teknik informatika di suatu universitas di Bandung ini mulai mantap meniti karirnya di dunia digital creative startup. Semenjak tahun 2014, studio Gobaksodor Interactive menjadi sebuah tempat untuk bermain dan berkarya dengan ide-ide kreatif terkait pengembangan aplikasi digital berupa games dan e-book interaktif, animasi 2D & 3D, aplikasi augmented reality & virtual reality, ataupun lainnya terkait ranah digital kreatif.

Selain Tido & Friends, Iki Mazadi dan tim Gobaksodor Interactive telah menelurkan cukup banyak karya. Salah satu dari sekian karyanya yakni desain 3D home interior, desain 3D Candi Borobudur, dan game virtual Reality dengan konsep petualangan luar angkasa (project 3599).
Hasil kreativitas Gobaksodor Interactive
Selama kurun waktu 2012 hingga 2013, Tido & Friends sendiri pernah menyabet beberapa penghargaan, di antaranya juara 3 Indigo Fellowship Telkom kategori game dan komik interaktif (2012) serta harapan 1 dalam ajang Rockstar Intel 2013. Sebenarnya masih ada penghargaan yang lain lagi, tapi 2 aja yang saya tulis cukup kan?

Selain itu, untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas Iki Mazadi pernah mengikutsertakan Tido & Friends ke beberapa pameran, di antaranya Pekan Produk Kreatif Indonesia or PPKI 2013 (jakarta), Business Connect 2013 (Jakarta), ICT Expo 2014 (Jakarta), Baros International Animation Festival or BIAF 2015 (Bandung), dan terakhir Digital Science Technopark 2015 (Semarang).

Apa mimpi-mimpi serta harapan ke depan? Tido & Friends diciptakan sebagai media kreativitas dan visualisasi imajinasi dunia anak-anak. Ini sesuai dengan spirit Gobaksodor Interactive yakni Inspiring, educating,visualizasing, and empowering for children imagination. Harapannya Tido & Friends mampu menjadi media penyampai nilai-nilai tersebut.

Mari mampir ke :
1. Tido & Friends Website
2. Gobaksodor Website 
3. Tidofiends Lands (Official Facebook) 
4Tido & Friends (Fanspage)
_______________________________________________________________________________
Giveaway Tido & Friends 
________________________________________________________________________________
Okay Sobat Blogger. Terima kasih sudah mampir ke lapak saya yang sederhana ini. Nah kali ini saya akan mengadakan giveway yang hadiahnya berupa DVD animasi (10 lagu anak Tido & Friends). Ada 5 DVD dari sponsor saya Gobaksodor Interaktive. So ikuti alurnya ya yang mau ikutan.
A. Syarat dan Ketentuan
  1. Like Fanspage Tido & Friends dan add facebook Tidofriends Lands
  2. Share postingan ini di akun facebook masing-masing
  3. Silakan tulis di kolom komentar postingan ini dengan menyertakan : nama lengkap dan akun sosmed masing-masing (boleh twitter atau facebook)
  4. Berikan ulasan mengenai produk Tido & Friends (Lagu Anak Tido & Friends, Edumini komik Tido, E-book interaktif) pilih salah satu atau ketiganya sekaligus boleh. Tulis di kolom komentar di bawah Nama dan Akun social Media. Apakah kamu punya pengalaman terkait dunia komik, animasi, atau game, kemudian hubungkan pengalamanmu dengan Tido & Friends. Apakah kamu kesulitan mencari media edukasi untuk anak usia dini, kaitkan pengalamanmu dengan Tido & Friends, Apakah anak-anak atau adik kecilmu di rumah tertarik dengan komik atau lagu Tido, silakan bagi pengalamanmu di sini. Apakah review Tido & Friends ini menarik menurutmu? Setiap orang pasti punya hal menarik untuk diceritakan. Tulislah bebas sekreatif mungkin. 
  5. Tim Gobaksodor Interactive akan memilih 4 pemenang dengan komentar/ulasan paling kreatif dan unik (baik berupa masukan, saran, support, dan sebagainya). Sedangkan 1 Pemenang akan diundi secara random (acak) oleh saya. Jadi siapapun bisa dapat kesempatan untuk mendapatkan DVD ini (total 5 DVD). 
  6. Menjelang deadline GA, saya mau memberi tambahan hadiah buat para pemenang. Hadiahnya yakni oleh-oleh khas Yogyakarta berupa 3 kaos (bertuliskan Yogyakarta), 3 buah tas rajut/tas etnik mungil, dan @ 3 gantungan kunci (bertuliskan Yogyakarta/Malioboro) untuk 3 pemenang beruntung. Hadiah diundi secara acak oleh saya. 
B. Periode Giveaway dan Pengumuman Pemenang 
  1. Masa Berlakunya Giveaway ini dimulai dari tanggal 13 November hingga tanggal 8 Desember 2015. 
  2. Para Pemenang Giveaway Tido & Friends akan diumumkan di fanspage Tido & Friend pada tanggal 15 Desember 2015.    

91 komentar:

  1. Ikutan ah .instal aplikasi2nya dulu:)

    BalasHapus
  2. Nama : Syahdian Novianti
    Twitter : @DiiSyahdian
    komentar : menurut saya kehadiran tido&friends bisa menjadi angin segar bagi para orang tua yang kesulitan mencari kartun lokal yang bisa mendidik juga bisa dijadikan arahan yang baik bagi si kecil. Anak sya Nathan suka bernyanyi menirukan lagu tema "BOBOIBOY". Hampir setiap saat diulang-ulang terus. Yang kita tahu kan kartun tersebut produk luar. Apabila kita punya kartun produk dalam negeri alngkah lebih baiknya. Dan tido&firends bisa banget dijadikan teman bermain bagi Nathan. Aplikasi yang disajikan pun cukup interaktif.
    terima kasih :))

    BalasHapus
  3. Kanianingsih
    FB: Kania NIngsih
    Twitter: @kanianingsih

    selama ini sih saya tak kesulitan mencari kartun anak yang mendidik. Dulu saya suka mencari CD-CD interaktif di toko buku. Sejak CD playernya rusak, banyak nonton kartun anaknya di youtube. Saya pikir serial Tido & friends ini menarik, lagu-lagunya menarik dan sangat khas anak Indonesia. ceria dan informatif lagu mobil listrik itu. kartun Tido & friends bisa menjadi teman anak belajar dan bermain. anak biasanya banyak menyerap hal baru di usia emas lewat berbagai hal menarik. anak saya juga suka tiba2 berceloteh bahasa inggris walau ga tau artinya. tugas saya ahirnya menjelaskan artinya apa

    BalasHapus
  4. Ada ebook juga euy, cakep :)
    salut sama yang begini, bukti bawa aplikasi lokal ga kalah sama luar...
    *dukung mbak

    Eh, artikelnya juga inspiratif euy, bagus buat edukasi anak2
    *dua jempol

    BalasHapus
  5. Nama: Dian Farida Ismyama
    Fb: Dian Farida Ismyama
    Twitter: @dian_ismy
    Komentar: saya langsung tertarik untuk menginstal aplikasi ebook interaktifnya, untuk ditunjukkan pada anak saya. Sampai rumah, kami langsung membukanya bersama. Najla (3 tahun 7 bulan) sangat antusias ketika aplikasi Indahnya Pagi kami mainakan. Terutama yang pilihan CERITA. karena selain mendengarkan suara Tido, ternyata ketika tangan menyentuh layar hewan/tokoh lain juga bisa bersuara. Namun saat masuk area GAME ternyata gamenya hanya dua, kurang banyak nih, hehe. Yang puzzle menggiring gambar cocok untuk seusia anak saya. Pas giliran game lumayan belajar gerak ke kanan kiri dengan kecepatan super untuk memakan makanan agar tido kenyang. So far anak saya suka.

    Untuk aplikasi ebook Tido di Negeri Huruf, saya maininnya sih excited banget. Karena banyak sekali kata dengan diawali huruf tertentunya, selain belajar huruf juga bisa belajar kosakata baru. Tapi ternyata untuk usia anak saya, agak terkendala dengan cara memainkannya berupa tido harus berjalan dan melompat, mungkin karena tablet saya touch screen kali ya..:)

    Lagu anak yang indahnya pagi dan cita-cita saya akui bagus liriknya. Cita-citaku nya kurang banyak, masa hanya dokter dan guru, hihi. Anak saya cita2nya pelukis soalnya..lagu mobil listrik juga bagus, indonesia banget.

    Saya salut dengan Gobaksodor interaktif yang mau berkiprah di dunia animasi anak-anak. Jadi ada alternatif Tido and friend selain upin ipinnya malayasia:)

    BalasHapus
  6. Keren ..... mau coba dulu aah, mau minta pak suami install di tab-nya dulu :D
    Keren Mak .... saya terpesona sama ulasan ini ...
    Kalo selesai diinstal sama pak suami baru saya mau ikut GA ini supaya bisa memberikan komen yang cetar membahana badai.

    Oya, pertanyaan di blog saya saya jawab di sini yaah ...

    Saya bukan orang yang suka banyak bicara, meski termasuk emak yang cerewet sama anak2. Saya tidak nyaman mendongeng, jadi saya bukan pencerita yang baik. Anak saya yang ikut lomba ceriwis luar biasa, terbalik sama saya. Dia suka sekali bercerita dan dia sendiri yang tertatik ikut lomba di RRI itu. Kalo berkenan, bisa baca cerita lomba itu di:

    http://www.mugniar.com/2015/10/pelajaran-penting-di-lomba-cerita-anak.html

    Ada cerita bagaimana saya membimbing anak saya dalam waktu bbrp hari.
    Oya lomba itu yang ikut boleh dalam rentang 5 - 12 tahun. Tapi pemenang 1 dan 2 di kota saya usianya 9 tahun lho, dan mereka sudah keren sekali caranya bercerita ... :)

    BalasHapus
  7. wow...keren. baru dengar ini saya

    BalasHapus
  8. Wiiihh.. Pingin ikutan deh.. Ku bookmark dulu ya mbak! XDDD

    BalasHapus
  9. Lucuu yakkk bisa buat belajar para batita

    BalasHapus
  10. Kreatif dan mendidik kayaknya aplikasi ini... ke tekape dulu baru bisa komentar :)

    BalasHapus
  11. Bookmark dulu, ya, Mbak. Pengen coba main dulu aplikasinya, trus insya Allah ikut GA nya :)

    BalasHapus
  12. Dari Profilnya, anak UNY ya ._. haaaaay :D

    Seru juga nih, ngajak kita buat kreatif :3

    BalasHapus
  13. Keren... karya anak bangsa yang bisa menciptakan aplikasi untuk mengasah imajinasi dan kreativitas anak-anak... semoga harapan aplikasi Tido and friend bisa menjadi media yang berguna untuk anak-anak... GA ini di khususkan untuk ortu ya... semoga bermanfaat untuk semua...

    BalasHapus
  14. keren sekali mbak Arinta..

    Tido & Friends sangat kreatif dan memberikan alternatif pembelajaran kepada anak-anak kita, orang tua harus mengenalkan ini kepada anak-anaknya deh... :)

    BalasHapus
  15. Yang bikin mobil listrik emang anak Indonesia tapi sayang karya'a gak dihargai oleh pemerintah'a
    bener-bener miris

    saya gak ikutan dulu Give Away'a mba :D

    BalasHapus
  16. Aku juga baru mengenal tido friends, penah tayang tivi belum ya ?
    Aku salut sama mas Iki Mazadi. Semoga semakin jaya dan berkembang bisa mengikuti trennya jaman. Semakin canggih pula.
    Game yang bisa mengasah otak dan memberikan nilai edukasi serta nilai sosial bagi anak-anak.
    Mencari lagu anak-anak untuk jaman sekarang lumayan sulit :)

    BalasHapus
  17. ini baru cocok bagi anak-anak , bukan yang cinta-cinta tu -_-"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha setujuuuu... cinta dan kasih sayangnya bedaaa..

      Hapus
  18. Nama: Sandi Iswahyudi
    FB: Sandi Iswahyudi
    Twitter: @SandiIswahyudi

    Saya sangat senang dan mendukung ketika ada anak muda yang bergerak di animasi dan itu dicurahkan untuk generasi muda. Mengingat di Indonesia tidak banyak orang yang bergelut di animasi. Terus bergerak selalu ya. Semoga selalu konsisten dan terus berinovasi tanpa henti

    BalasHapus
  19. Semoga secepatnya bisa tayang di TV lokal ya mak. Biar tontonan anak memperkaya ilmu, imajinasi dan kreativitas.. Hal yang dibutuhkan oleh seseorang agar selalu bermanfaat bagi sesamanya adalah kreativitas dan daya imajinasi. SUkses ya buat Tido and Friends, jadi ada referensi tontonan baru untuk anak saya.. Hihi terima kasih yaaa

    BalasHapus
  20. Aih, bermanfaat kali ya mbak. Karakternya lucu, bahasannya pun fun dan menarik. Sayang belum punya anak *lah nikah aja belum :p Nanti pas udah punya anak, pengen deh download aplikasi-aplikasi canggih kauak gini.

    Thanks for sharing ya mbak :D

    BalasHapus
  21. Bookmark dulu, Mak. Mau cuss ke webnya Tido. Asyik banget deh kayanya buat si Asma.

    BalasHapus
  22. kereeennnn....!cocok nih buat anak sy syafieq :)

    BalasHapus
  23. bookmark dulu mbak , coba coba dulu ya :D

    BalasHapus
  24. Wah, saya mau... Saya mau... Coba dulu ya sebelum komentar

    BalasHapus
  25. keren ih... kreatif baget. Mau ikutan, tapi tinggalkan jejak dulu di sini :)

    BalasHapus
  26. kreatif sekali yah. Marwah pasti suka nih

    BalasHapus
  27. Makasih ya Emak, Mas dan Mbak semua telah mampir blog saya ini. Yang mau ikutan GA (GiveAway) ini gak harus orangtua. kakak yg punya adek masih TK atau SD boleh ikutan kok, yang masih jomblo juga boleh ikutan #Eh :p

    Nanti setelah periode GA ini berakhir pasti balas komentar satu per satu :D

    BalasHapus
  28. Ulasannya lengkap... mau dicoba di donlot dulu, trus pamerin ke trio krucils terutama dek Paksi deh

    BalasHapus
  29. luar biasa karya anak bangsa niy :)
    proses edukasi yg membuat anak happy, enjoy, pesan/pendidikan pun dpt diserap mudah.
    wew saya ketinggalan nih, baru tahu ... cekidot ubek2 dulu :)

    Terimakasih mbak, pemaparannya lengkap n menarik.
    Siap2 GA nya bakal membludak yg ikuatn ..good luck !

    BalasHapus
  30. ini karya anak bangsa, ya? Salut, euy! :)

    BalasHapus
  31. wahhhh ada giveawaynya ya, bookmark langsung suka sama tidooo

    BalasHapus
  32. Ternyata karya anak bangsa kereen!

    BalasHapus
  33. Bagus banget animasinya, kereeeen :D

    BalasHapus
  34. Nama : Jefry Dewangga
    Twitter : @jefryd07
    Facebook : Jefry Dewangga
    Komentar :

    Hmmm Dunia Tido & Friends mengingatkanku pada CD yang aku dapatkan dari salah satu produk susu sewaktu aku masih kecil. CD tersebut berisi beberapa video Tiny Planets Bing & Bong.
    Media telah berkembang pesat dalam mempengaruhi pola pikir manusia. Tak terkecuali dengan adanya film atau game kreatif yang dibuat untuk tujuan tertentu. Anak-anak sekarang juga kurang bisa menjauhkan diri dengan gadget, jadi para orang tua harus mencarikan alternatif bagaimana mengedukasi dan memaksimalkan penggunaan gadget tersebut. Ya walaupun gadget juga bisa membuat manusia lebih anti-sosial, tetapi kalau dengan pengontrolan yang baik, Insya Allah ndak.

    Baru-baru ini mungkin lagi boomingnya game online bergenre quiz di Android, Duel Otak. Lah itu juga salah satu hasil kreatifitas yang patut diapresiasi. Kita bisa berduel dengan orang lain tentang pengetahuan yang kita punyai.

    Game juga nggak cuman buat refreshing doang, ada juga yang bisa mengedukasi kok. Tergantung bagaimana si developer mengemas edukasi tersebut di dalam game buatannya. Hmm mungkin untuk developer Tido & Friends bisa memberikan wawasan yang lebih luas dalam ceritanya, nggak cuman mengenai kebiasaan-kebiasaan baik untuk anak-anak saja.

    Bisa juga disisipkan ilmu pengetahuan secara umum, pertanyaan-pertanyaan yang merangsang keingintahuan anak-anak. Anak yang seharusnya mengeksplor lingkungan dengan keingintahuannya mungkin kurang bisa maksimal jika ia lebih suka memainkan gadgetnya, sehingga akan lebih baik menstimulasi keingintahuannya tersebut melalui game, khususnya Tido & Friends ini. smile emoticon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw sekarang deathlinenya ya. :D Masih belum ada update postingan nih, terus sepertinya mbak lagi sibuk ya kok jarang online perasaan.

      Hapus
  35. bisa menjadikan belajar lebih asyik dengan begini :)

    BalasHapus
  36. Ada giveaway, senangnya ... seneng lho ada yang konsen membuat lagu-lagu untuk anak seperti ini.

    BalasHapus
  37. pengen donlod colouring sheet nya, eh masih cuma di android aja ya.. belum bisa di ios.. good luck giveaway nya..

    BalasHapus
  38. wow kreatif.... good luck buat GAnya....

    BalasHapus
  39. Bagus ya ilustrasi Dan animasi tido ini ya mbak arinta.
    Sukses giveawaynya ya :)
    Salam kenal

    BalasHapus
  40. kreatif banget, karakter kartun nya juga lucu :)

    BalasHapus
  41. keren lucu2 gitu dinosaurusnya :D

    BalasHapus
  42. keren mbak mantab tennan dan kreatif..
    salam
    Sutopo

    BalasHapus
  43. Bookmark dulu.. Btw keren sm lucu tuh si tido wkwk. Cocok buat anak2 untuk mendidik secara pelan tp pasti hehe

    BalasHapus
  44. nyimak sekilas dulu, menarik untuk anak2

    BalasHapus
  45. Mewarnai, anakku, bintang paling suka dengan kegiatan yang satu ini...

    BalasHapus
  46. Jiah Al Jafara @jiahjava

    aku blm punya anak sih, tp punya byk ponakan kecil

    dia suka sama gambar berwarna. Sering main gadget, kdg game edukasi. Tp dianya bosan. Pengen ngajak dia nntn ini, biar tambah pintar

    BalasHapus
  47. Coba anakku aku donlotin dulu ya mbak...semoga nanti bisa ikut GAnya..

    BalasHapus
  48. mau download juga ah, anaku pasti suka nih

    BalasHapus
  49. Wah bagus nih kayaknya.. Ulasannya keren dan menarik mbak ;)

    BalasHapus
  50. Aplikasinya lucu....
    bagus untuk pembelajaran sederhana balita....

    BalasHapus
  51. ihh..keren euy..sahla pasti suka...instal dlu ahh..mkasih ulasannya...

    BalasHapus
  52. wah keren... mdh2an bisa ikutan giveawaynya :D

    BalasHapus
  53. Anak janan sekarang benar3 dimanjakan dengan aneka fasilitas yang bagus dan mudah didapatkan. Semoga fasilitas ini semakin membuat daya pikir anak2 berkembang dengan baik.
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  54. Weeiiiiihhhhh lucu lucu ya dinonya..
    boleh nih buat ponakan :D

    BalasHapus
  55. Ceria Wisga
    Fb : CeRia Wisga
    Twitter : @C3R1A

    Edukasi amatlah penting, dan edukasi terbaik diberikan di masa keemasan anak. saia sering kesulitan mencari sarana edukatif yang sesuai dengan umur anak, terlebih edukasi yang disesuaikan dengan budaya dan bahasa Indonesia. Anak saia paling cepet menyerap ilmu pengetahuan melalui media audio visual, jadi dengan adanya DVD animasi ini membantu banget perkembangan anak. Apalagi udah ada ebook interaktifnya,tinggal donlot maen deeehh. Lumayan buat mengarahkan anak yang lagi suka pegang gadget sembari memasukkan edukasi. Yuk ah kepoin Tido n Friends :)

    BalasHapus
  56. ah seandainya jaman kecilku dulu ada beginian.. pasti udah koleksi banyak tuh hahah...

    BalasHapus
  57. Matap semua nya semoga di berkati langkah langkah selanjutnya

    BalasHapus
  58. Nama : Eko Sariwijayanto
    Facebook : Eko Sariwijayanto
    Twitter : @eksangar

    Saya rasa dengan adanya aplikasi ini dapat membuat anak dalam tahap pertumbuhan menjadi lebih aktif dan lebih pintar. Bagi orang tua sudah pasti menginginkan tayangan dan pembelajaran yang berkualitas kepada anaknya. Kita lihat jaman sekarang tayangan di televisi sudah menjadi momok besar bagi orang tua karena banyak tayangan tayangan tidak berkualitas dengan memerankan adegan dewasa dan tidak mendidik. Ditambah dengan kehadiran smartphone yang semakin merajalela tentu orang tua lebih waspada apa apa saja yang dilakukan si kecil dengan smartphone. Oleh sebab itu dengan hadirnya aplikasi Tido & Friends diharapkan dapat menjauhkan si kecil dari tindakan negatif. Bagaimana tidak fitur fitur yang ditawarkan ada banyak sekali dan semua berisikan media pembelajaran yang bagus. Mulai dari komik Tido yang jika dibaca si kecil dapat menambah wawasanya dan menjadikannya sebagi seorang yang berimajinasi tinggi, kemudian ada media pembelajaran mewarnai gambar, apalagi yang namanya anak kecil sudah pasti senang dengan hal hal baru. Teringat saat saya kecil dulu suka banget dengan menggambar dan mewarnai dan Alhamdulillah pernah menjadi juara lomba menggambar dan mewarnai. Sayang sekali waktu saya kecil belum ada hal hal seperti ini. Komik dan colouring book dapat dilihat langsung di offical fanspagenya. Kemudian game game virtual yang ditawarkan juga bagus dan sudah 3D ditambah sudah mendapat penghargaan sudah pasti tidak diragukan lagi keistimewaanya. Bisa kita lihat kehadiran game game keren sekarang sudah semakin banyak dan kalau saya lihat jarang sekali pihak developer membuat game bergenre pendidikan secara visual mereka umumnya membuat game dengan unsur negatif, hal ini lah yang membuat saya pensiun menjadi gamers dan beralih menjadi blogger dan photographer. Pembelajaran Visual seperti ini memang sip banget dan saya dukung. Buat orang tua yang sudah mempunyai anak dan calon orang tua diharapkan memanfaatkan teknologi untuk si kecil sebagai mana semestinya dengan mengahdirkan pendidikan yang bermutu serta menjauhkan dari hal hal negatif. Dan untuk pihak Tido and Friends semoga selalu diberi kelancaran dalam mendidik anak secara visual, jangan lupa untuk selalu update pembelajaran dan karakter baru sehingga anak tidak cepat bosan.

    BalasHapus
  59. Nama : Anisa AE
    Twitter : @anis_sa_ae
    Facebook : AnisaAe Kepompong

    Komentar :
    Awalnya gak percaya sih kalo ada komik buatan dalam negri, apalagi komik anak. Karena saya sangat anti dengan tayangan televisi. So, tidak punya televisi di rumah karena sangat mengganggu perkembangan Asma (4 tahun). Di rumah mertua, dia selalu diam di depan televisi, sampai meminta banyak hal yang di luar nalar. Seperti dicarikan kembarannya mirip film boboiboy, sampai pada minta tongkat dan baju seperti balver agar bisa menghilang. Duh, miris.

    Tapi dengan adanya Dunia Tido, saya bisa me time dengan Asma sambil membaca komik. Tak perlu khawatir otaknya akan 'keracunan' hal tidak berguna. Bahkan dia bisa diam di atas mejanya ketika mewarnai e-book yang telah saya print.

    Di waktu senggang, kami bisa menyanyikan lagu baru yang tidak dimiliki oleh teman lainnya. Berasa jadi emak update deh. Karena di sekolah belum diajarkan lagu tersebut, Asma pun bisa mengajari nyanyian baru pada teman-temannya. Lucunya ada yang mengira kalau lagu itu saya bikin sendiri. Ya maklumlah, beginilah dilema penulis, apa saja yang berhubungan degan lirik, dibilang karya saya. Padahal kan bukaaan.

    Paling sebel ketika dia ribet ikut main game COC (Clash of Clansh) seperti suami. Karena game itu sangat tidak mendidik. Masa iya permainan pembunuhan dan pembantaian buat anak 4 tahun?? Tapi game di Gobaksodor sangat aman buat Asma. Saya bisa memilih game dan membiarkannya bermain sendirian sementara saya ngedit naskah.

    Nah, itu pengalaman saya bareng Tido. Selanjutnya saya pingin Tido selalu update dan punya kreasi baru. Lama-lama Asma pasti bosan dengan game dan gambar yang itu-itu saja. Lagunya juga diperbanyak. Hehehe. Sukses selalu buat TIDO!!

    BalasHapus
  60. Nama: Diah Kusumastuti
    Twitter: @d3kusumastuti
    Fb: Diah Kusumastuti
    Komentar:
    Reviewnya menarik sekali, Mbak. Lengkap dan bikin pembaca penasaran. Apalagi ibu-ibu seperti saya, langsung deh buka-buka link yang ada :)
    Anak saya Faiq, 5,5 tahun, langsung tertarik waktu saya lagi baca postingan ini. Dia ngintip ada gambar2 lucu, trus pengen liat, trus pengen main ebook2-nya, pengen liat lagu2nya.
    Faiq suka main game Cita-cita sama Tido di Negeri Huruf. Menarik emang buat anak TK seusianya. Tapi dia ngikik-ngikik pas main negeri huruf sampai di huruf Q, kok gak ada kata2nya, ya? Saya bilang, "coba Q-nya untuk kata apa, mas Faiq?" Faiq jawab, "FaiQ". Hihihi... Kami ketawa bareng. Iya itu kenapa gak dikasih kata, yaaa? :D
    Untuk lagu2nya Faiq dan adiknya yg masih 1,5 tahun juga suka. Tapi sayang ya, suaranya kurang keras, gak seperti lagu2 lain di Youtube.
    Secara keseluruhan sih, cukup menarik aplikasi ini. Cocok untuk edukasi anak2 usia PAUD-TK scr menyenangkan. Bangga juga anak negeri bisa bikin aplikasi bagus gini. Animasinya juga bagus. Semoga ke depannya kontennya semakin bervariasi dan semakin edukatif.
    Terima kasih, Mbak Arinta dan tim Gobaksodor :)

    BalasHapus
  61. Nama: Mugniar Marakarma
    AKun FB: Mugniar Bundanya Fiqthiya
    Twitter: @Mugniar

    Saya (eh suami saya) sudah install game Tido. Anak saya, Afyad suka karena banyak variasi yang ditampilkan dari "sundulan" pada huruf-hurufnya. Afyad lumayan betah memainkan game ini. Satu hal yang perlu saya sampaikan, di bangku kelas 1 SD, anak-anak terlebih dulu dikenalkan dengan huruf kecil, bukannya huruf besar. Saya berharap tim Gobaksodor menciptakan game yang melibatkan pengenalan huruf2 kecil juga.

    Salut dengan lagu anak-anaknya. Lagu anak-anak yang memang sesuai dengan usia anak2 adalah hiburan yang mahal saat ini tapi Gobaksodor peduli dan berkreasi dengan lagu anak2. Dalam 16 (menjelang 17) tahun pernikahan saya, sejak sulung saya batita, jaraaaang sekali lagu anak2 diciptakan. Mungkin karena dianggap kurang menguntungkan kali yah. Baguslah kalo Gobaksodor peduli dgn hal ini. Btw, saya bersedia di-tag ya Arin kalo ada lagu2-nya yang di-share di FB atau Twitter biar teman2 saya tahu juga ;)

    Lalu komik ... komiknya pun keren. Komik lokal utk anak2, entah saya yang kudet atau memang tidak ada yah, baru Tido ini yang saya tahu ada, di zaman ini.

    Sukses terus ya. Mudah2an Gobaksodor bisa mengembangkan kemampuan anak2 Indonesia dengan baik :)


    Salam dari Makassar

    BalasHapus
  62. Nama : Dwi Permitasari
    Akun fb : Dwi Permitasari
    Twitter : @dwipermitasari

    Semoga program Tido ini bisa diterpkan di seluruh pelosok negeri, wabil khusus di desa2 terpencil..

    Saya sbg seorang guru / bunda PAUD di taman pisyandu sangat mengharapkan program emas spt Tido ini bisa merakyat.., hingga kita mampu mengawal generasi emas kita mjd pribadi yg "juara"

    Smg semua budi baik berblas dgn Surga, teruslah menginspirasi.., sambung do'a - Barokallahu

    BalasHapus
  63. Nama : Dwi Permitasari
    Akun fb : Dwi Permitasari
    Twitter : @dwipermitasari

    Semoga program Tido ini bisa diterpkan di seluruh pelosok negeri, wabil khusus di desa2 terpencil..

    Saya sbg seorang guru / bunda PAUD di taman pisyandu sangat mengharapkan program emas spt Tido ini bisa merakyat.., hingga kita mampu mengawal generasi emas kita mjd pribadi yg "juara"

    Smg semua budi baik berblas dgn Surga, teruslah menginspirasi.., sambung do'a - Barokallahu

    BalasHapus
  64. Nama: Ophi Ziadah
    Twiter: @ophiziadah
    FB: OPhi Ziadah

    Saya sudah menguplod app Tido di Negeri Huruf untuk Dek Paksi (4y), saya pikir dia gak akan terlalu antusias karena sy sudah punya bbrp aplikasi belajar membaca untuk anak yang juga sering dia mainkan. Eh ternyata dia penasaran, terutama karea si tido harus melompat tinggi untuk mecapai huruf sehingga bisa terdengar hurufnya. saat gagal mencapai huruf, Tido bisa balik lagi dan mencoba lagi sehingga dek paksi tetap bisa dapat bintang penuh dan mendapat pujian sehingga tetap semangat.
    Jujur justru yang mengajari Dek Paksi Malah si kaka Alinga (8y), dia lebih telaten mengajari Dek Paksi memainkan aplikasi ini.
    Kemungkinan karena Tido cukup interaktif dan aktif bergerak sehingga menstimulasi dek paksi yang juga motorik kasarnya sangat aktif sehingga dia sangat enjoy main bersama Tido

    BalasHapus
  65. Bagus yaa untuk anakku kayanya suka deh, coba ah.. Generasi Indonesia memang kreatif :)

    BalasHapus
  66. Nama: Arinta Adiningtyas
    Twitter: @arinta_arinta
    FB: Arinta Adiningtyas

    Saya termasuk ibu yang pemilih. Pemilih bacaan, juga pemilih tontonan. Selama ini untuk anak-anak saya, saya kebanyakan membeli buku atau video yang merupakan hasil karya orang luar. Menurut saya, ide-ide mereka selalu keren, tidak membosankan. Apapun bisa jadi cerita. Dan, ini yang paling penting, bahasa yang digunakan selalu menyesuaikan usia anak-anak.
    Bukan mau sok-sokan ya, ini saya lakukan karena saya pernah kecewa ketika suatu kali membeli buku untuk anak saya, si penulis menggunakan kata "pelacur", dan beberapa kata yang tidak pantas lainnya. Dan buku itu adalah karya penulis dalam negeri.
    Sekarang sih Alhamdulillah, karena saya mengenal beberapa penulis dalam negeri yang oke punya, saya tidak perlu repot ketika mencarikan buku untuk Amay (4y). Karya Mbak Dian Kristiani salah satunya..hehe..
    Nah waktu Dek Arinta memanggil-manggil saya dan mengenalkan tentang Tido and Friends, saya langsung tertarik nih. Ini pasti cocok untuk Amay yang saat ini memang sedang semangat belajar membaca.
    Ternyata benar, dia suka sekali komiknya. Karena dia suka menyanyi, lagu-lagu Tido juga akan saya perdengarkan nanti.
    Senang sekali, makin kesini makin banyak anak negeri yang kreatif. :)

    BalasHapus
  67. Nama : Mysweet Ladyluck
    Akun FP : Mysweet Ladyluck fb

    Komentar :

    Maraknya film dan lagu2 dewasa yang digandrungi oleh anak-anak, contohnya lagu2 Jepang, Korea, bertemakan "cinta2an". Pembawaan oleh model dengan fashion style yang lucu, serta jenis music yang "ceria" dapat dengan mudah meresap masuk di benak anak-anak.

    Jadilah mereka idola. Ini sungguh membuat saya sbg orang tua "galau" …

    Senang? Atau justeru Prihatin? Khawatir?

    Bagaikan mendapat angin segar saat seorang sahabat blogger mengenalkan TIDO and FRIENDS. Ini baru pas buat anak-anak. Tak bosan2nya kami dan dedek Kecil menikmati lagu Mobil Listrik, salah satu favoritnya. Terlihat dedek Kecil sangat antusias, dapat terlihat dari binar ceria di wajahnya serta gerakan badannya yang semakin aktif, tangannya seperti menari-nari gitu.

    Aiihh dedek Kecil juga sangat menyukai bermain-main warna dengan pastel color yang dicorat-coretkannya di atas lembar Colouring Sheet for Kids. Dengan gambar2 imajiner binatang yang lucu2 TIDO n FRIENDS seperti Tido (komodo kreatif) Simoo (sapi ceria), Fogi (katak cerdik), Bibu (buaya suka olahraga) dan lainnya membuat si Kecil anteng asyik berkreasi dengan aneka warna. Emaknya sambil menerangkan nama2 warna.

    Kini tak galau lagi saat anak2 asyik menikmati video (Tido n Friends dengan karakternya yang mendidik). Penerapan teknologi multimedia dirasa sangat membantu perkembangan anak dalam proses pembelajaran. Tido n Friends sangat disukai sesuai dengan kecenderungan anak-anak yang menyukai aktifitas bermain.

    Belajar dan Bermain bersama TIDO and FRIENDS, Sangat menyenangkan .. yuuuuk !!!

    BalasHapus
  68. Nama : Lianny Hendrawati
    Akun twitter : @lianny

    Aku suka lagu anak-anak zaman dulu, lagunya khas anak-anak, sederhana tapi banyak pesan moral dan bagus untuk anak-anak. Nah sekarang, lagu anak-anak seperti dulu sudah jarang terdengar. Anak kecil sekarang kalo diminta menyanyi, yang dinyanyikan malah lagu remaja atau lagu orang-orang dewasa. Jadi kangen dengan lagu anak zaman dulu.

    Hadirnya app Tido ini semoga bisa bermanfaat bagi anak-anak Indonesia ya. Kebetulan anak-anakku sudah SMA dan SMP sekarang, jadi lagu yang mereka dengar kebanyakan lagu remaja. Tapi lagu anak-anak mereka juga tetap suka, lha aku saja yang sudah tuwir seperti ini juga suka kalo denger lagu anak hihi.

    Kalo buat keponakanku yang masih 3 tahun, pasti suka sekali dengan app Tido ini.
    Sukses terus ya app Tido :)

    BalasHapus
  69. Nama : Cheila
    Akun twitter : @Chei_Chei_La

    wow keren. tido and friend hadir disaat yg pas banget dimana anak sekarang krisis dengan lagu anak-anak. suka miris kalau lihat muridku suka nyanyiin lagu2 orang dewasa. paling tidak anak sekarang tau lagu yang pas dengan umurnya itu sudah cukup dimana mereka akan mudah sekali menyerap apa yang anak alami sendiri (baik didengar ataupun dilihat).
    akan lebih bagus lagi jika app tido ini dilengkapi dengan versi lagu2 kebangsaan atau nasional. karena sekolah2 sekarang ini diwajibkan untuk memperdengarkan lagu2 baik nasional, daerah maupun lagu anak.
    sukses ya app tido :)

    BalasHapus
  70. Sukses selalu buat Tido and friend. Cocok sekali nih buat anak2 Indonesia. Animasinya keren.

    BalasHapus
  71. Waah keren banget mbak! Udah selesaikah? mau ikuuut

    BalasHapus
  72. ikuuut ya mak
    Nama : Aida Al Fath
    Twitter : @AidaZhuki
    FB: Aida Al Fath
    Masya Allah, suka banget sama aplikasi anak Tido and Friends ini, mak. Sepintas berkunjung disini, langsung suka sama warna-warni gambarnya, karakter Tido and Friendnya lucuuuuuu bangetttt, ikutan senyum senyam sayanya mak. Trus..trus... tema ceritanya semua lengkap, nambah wawasan untuk anak-anak, sederhana tapi bener-bener berbobot. Cerita bergambarnya kena banget, membuat kita sebagai orang tua si anak semakin dimudahkan dalam hal pembelajaran. Yup, anak bermain sambil belajar lebih tepatnya. So, tetap dalam pengawasan kita juga pastinya. Ada lagu-lagunya juga yang kata-katanya mudah diserap dan dipahami anak-anak. Wah, poko'e komplit dah manfaatnya. pengeeen bangeettt dapetin satu paket si Tido and Friends ini, ada aplikasi media gambar pewarnaannya juga, khan, mak? mauuuu dooong... Disini anak-anak semakin terpacu untuk berkreativitas bebas tanpa tekanan luar dalam. Otomatis skill yang dimilikinya sejak dini bisa diketahui juga sama ortu. Nah, orang tua nggak jadi khawatir lagi, mau kasih mainan apa ke anak. Kan, Tido and Friends udah memahami kebutuhan si anak masa kini. Nggak mengapa sih mak, karena jaman sekarang serba canggih, saking canggihnya anak-anak mulai terkontaminasi sama persediaan media game yang pada kenyataannya berakibat buruk pada tingkah pola anak. Saya yakin Tido and Friends inilah salah satu media terbaik anak untuk belajar dan bermain. Moga kehadiran Tido and Friends, pengembangannya semakin ditingkatkan aja, pengen ada aplikasi religinya juga sih. hehe. Salah satu yang membuat saya kikuk pas ngeliat animasi kendaraan naik balon gas itu... hahaha ide darimana tuh mak, tak kasi 1001 jempol deh mak. Unik benerrr... :D :D

    BalasHapus
  73. Nama : Naqiyyah Syam
    Twitter : @Naqiyyah_Syam
    FB : Naqiyyah Syam

    Komentar :
    Aplikasi Tido and Friends ini bagus sekali sebagai penunjang anak-anak belajar. Saat aku klik video lagunya, suaranya terdengar kurang jelas dan bahasanya ada yang panjang-panjang. Menurutku, nada lagunya kurang pas. Saranku, lagu anak-anaknya lebih riang dan dinyanyikan anak-anak saja. Di video itu suaranya terdengar bukan anak SD kelas 1-3, tapi sudah besar.

    Untuk gambar. Aku suka banget. Teringat waktu masih mengajar, kami disuruh membuat Lembar Kerja (LK) siswa sendiri. Guru diminta kreatif mencari gambar sesuai tema. Nah, gambar ini pas banget membantu guru atau orang tua mengajarkan sesuai tema. Contohnya tema kebersihan, mengenal diri sendiri, dll.

    Untuk ebook, aku belum download, semoga kelak ya.

    Oia, aku apresiasi sekali kreatifitas ini. Jika aku menang, aku siap menyebarkan info semampuku. Menghubungi rekan mengajarku dulu atau menyebarkan lewat sesama wali murid di sekolah anakku.

    Selamat ya Mak, aplikasi ini sungguh keren!

    BalasHapus
  74. Terima kasih apresiasinya rekan-rekan blogger. Dengan ini saya nyatakan bahwa GA ini ditutup. Pengumumang pemenang Ga silakan di check pada tanggal 15 Desember 2015 di fanpage Tido & Friends. Good Luck!

    BalasHapus
  75. Senang jika masih ada yang memedulikan edukasi bagi anak-anak. Seperti yang kita tahu, sekarang lagu anak-anak teramat jarang. Yang nyanyi anak-anak tapi lagunya dewasa :)

    BalasHapus
  76. Keren kak cantik. adik saya suka :)
    semoga bermanfaat ya untuk kedepannya .

    BalasHapus
  77. Bagus ya.. produk lokal yang berkualitasss ^^

    BalasHapus
  78. Aih, kreatif nih...jadi pengen liat aplikasi lengkapnya deh. Cek playstore ah :D

    BalasHapus
  79. Yaa aku ketinggalan ga-nya huhu..
    keep creative ya mba.. kereenn..

    BalasHapus