Jumat, 13 Maret 2015

Sepenggal Episode Aku dan RESTEK

Tanggal 15 Maret besok aku dapat undangan nonformal dari Ardi Aprilianto (ketua UKM Rekayasa Teknologi 2015), saat aku maen di basecamp kemarin. Sebagai salah satu pengurus Divisi Teknologi Tepat Guna (TTG) 2013 aku diminta berkenan hadir mewakilili senior atau para alumnus divisi dalam kegiatan ulang tahun restek yang ke-tiga. UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Rekayasa Teknologi atau biasa kami singkat dengan sebutan Restek adalah organisasi tingkat universitas yang menampung aspirasi, minat, bakat mahasiswa di bidang rekayasa teknologi. 

Beruntung banget aku bisa gabung di sini. Aku belajar banyak hal dari Restek. Tidak hanya hal yang terkait dengan teknologi, tetapi juga kepemimpinan, jaringan, kerjasama, dan keorganisasian. Di Yogyakarta, kayaknya hanya UNY yang memiliki UKM tingkat universitas yang bergerak di bidang rekayasa teknologi.

Para anggotanya yang ingin bergabung tak hanya dari fakultas teknik. Mahasiswa dari fakultas lain boleh kok ikut gabung. Restek dapat dikatakan sebagai UKM Penalaran tingkat universitas, seperti halnya UKM Penelitian di UNY, UKM RIPTEK di Unnes atau PPIPM di UNP Padang. Kegiatan kami tidak hanya di bidang riset saja, tetapi juga di bidang pengembangan teknologi dan kompetisi-kompetisi baik tingkat nasional maupun internasional. Seandainya aku dulu memilih masuk UGM, aku enggak bakalan menemukan organisasi di bidang rekayasa teknologi seperti ini, karena bidang tersebut adalah domainnya anak-anak teknik. Palingan aku bergabung di organisasi yang bergerak di bidang jurnalistik atau BEM Universitas. Minimal level Hima atau HMJ-lah.

Pengalaman berharga ini tidak akan aku peroleh seandainya aku cuma berjibaku hanya di kelas akuntansi. Wait, aku bukan anak teknik lho. Aku anak ekonomi program studi akuntansi. Awalnya aku enggak ngerti sama sekali tentang dunia technological engineering. Sempat minder juga dulu pas aku mau gabung di sini. Pasalnya, di sini kebanyakan anak cowok. Aku yang introvert akut berusaha keras menyesuaikan diri dengan irama dan vibrasi anak-anak tekik yang sebagian besar adalah kaum adam. Gaya bercanda, cara berpikir, dan cara menyelesaikan masalah anak teknik itu berbeda dari anak nonteknik. Selain mereka kreatif, mereka juga punya pemikiran taktis dalam berdiskusi dan menyelesaikan masalah. Maka dari itu, aku  ingin menikah dengan anak teknik suka anak-anak teknik 

Aku satu-satunya anak akuntansi yang bergabung di Restek. Selain di Restek aku tergabung juga di Departemen Komunikasi dan Informasi BEM KM UNY (Sekarang BEM REMA UNY) 2013. Aku masuk di Divisi Teknologi Tepat Guna (TTG). Awalnya aku masuk TTG juga terbilang cukup unik, tetapi di lain kesempatan aku akan buat tulisan khusus kenapa aku memilih bergabung di Divisi teknologi Tepat Guna.

Back to the topic, teman-teman kelasku juga sempat heran kenapa nih anak akuntansi mblusuk ke Restek? Mending masuk KOPMA (Koperasi Mahasiswa) atau Hima akuntansi aja yang linier, mampu mengasah jiwa bisnis, dan juga mengaplikasikan ilmu akuntansi yang dimiliki. Haha :D aku cuma tersenyum aja jika ada komentar seperti itu. Aku bukan tipikal orang yang linier. I am such as unpredictable people. Aku lebih suka bergabung dengan organisasi di luar bidang yang aku geluti. Karena sudah terlalu mainstraim anak akuntansi join ke Hima atau Kopma. So aku memutuskan masuk di lingkaran baru yang masih asing, mencoba mengenal rules yang berlaku di dalamnya (Restek). Pada kondisi tertentu, aku memiliki kepribadian seperti bunglon. Mudah akrab dan menyesuaikan diri dengan seseorang atau lingkungan yang masih baru. Padahal aselinya aku anaknya agak sableng pendiem. 
POSTER LAMA. Divisi Mobil listrik berubah jadi MOBIL. Divisi Jembatan berubah jadi Rancang Bangun
Restek membawahi 2 bidang yakni bidang 1 dan 2. Bidang 1 fokus pada pengembangan teknologi, meliputi Divisi Teknologi Tepat Guna, Divisi Teknologi Informatika, Divisi Robotika, Divisi Mobil, dan Divisi dulu namanya Divisi Jembatan Rancang Bangun.Sedangkan bidang 2 fokus pada pengembangan organisasi dan kaderisasi, meliputi Divisi Humas, Divisi HRD, dan Divisi KSK (Kesekretariatan). Kapan-kapan aku tulis informasi tiap divisi dan pencapaiannya/prestasinya selama ini dalam ulasan khusus.
Poster Penerimaan Anggota Baru
Berikut aku ambil foto-foto kegiatan atau kepanitiaan selama aku menjadi pengurus UKM Restek 2013. Sungguh momen yang mengesankan. Pengin nangis kembali ke masa itu.Tisu... mana tisu...
Bersama Bapak Nana Suryana, Project Manajer INOTEK, sebuah lembaga yang mendukung pengembangan Teknologi Tepat Guna 
Skuad Roadshow Seminar Technopreneurship 2013
UNITECH & UNITY. Program unggulan Restek tiap tahun dalam Rangka Dies Natalis UNY
UNITECH. Program Unggulan Divisi Teknologi Tepat Guna. Sebuah kompetisi inovasi teknologi tingkat nasional.
Gak menyangka perjalanan begitu cepat ya. Tanpa terasa Organisasi ini sudah bukan bayi lagi. Sudah tahun ketiga, organisasi ini tumbuh dan berkembang. Banyak pasang surut di dalamnya.Namun aku berharap di tahun ketiga ini Restek menjadi lebih baik. Restek mampu mencetak kader-kader muda dan juga inovator di bidang rekayasa teknologi. Kalau saja aku luang, ingin  aku membuat sebuah lukisan yang merepresentasikan spirit inovasi pada anak-anak muda Restek. Sebagai kado untuk ultah Restek dan bisa dipajang di basecamp Student Center lantai 3. Enggg... tahun depan insha allah aku akan buat sebuah lukisan bagus untukmu Restek, yang merepresentasikan jiwa mudamu.

Once Again. Happy 3rd Anniversary My Restek. Hope you always be better than yesterday. Tak lupa taglinemu : Berkontribusi, Berkompetisi, Berprestasi. Good Luck

Yogyakarta, 01.42 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar